Sabtu, 17 Desember 2016

abstrak sampai daftar gambar



ABSTRAK
Hajar Aswad. 2016. Meningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Matriks Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Kelas XI  Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. Skripsi dibimbing oleh Muhammad Darwis M. dan Andi Alim Syahri. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar melalui Metode Pembelajaran Inkuiri dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang Penelitian ini terdiri dari dua Siklus yaitu Siklus I sebanyak 4 kali pertemuan dan Siklus II sebanyak 4 kali pertemuan.
Subjek penelitian ini adalah siswa XI Administrasi Perkantoran yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes hasil belajar matematika pada siswa,observasi aktivitas siswa dan observasi keterlaksanaan dan angket yang di berikan pada akhir siklus. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya presentase hasil belajar siswa sebelum pemberian tindakan yaitu 21,43% Kemudian hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pada siklus I yaitu 55,18% dan berada pada kategori rendah dengan standar deviasi 11,75 dan pada siklus II menjadi 93,10% termasuk dalam kategori sedang dengan standar deviasi 7,99 dengan skor maksimal 100,00. Kemudian dilihat dari kemampuan guru mengelolah pembelajaran meningkat dari  3,53 (sangat baik) menjadi 3,58 (sangat baik). Dan pada aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 49,19% menjadi 75,17% dan telah memenuhi standar yang ditentukan. Selanjutnya pada respon siswa terdapat 94% siswa yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kualitas belajar matematika siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar, kemampuan guru baik, aktivitas siswa meningkat, dan respon siswa meningkat.





MOTTO & PERSEMBAHAN



Pekerjaan yang tak kunjung selesai adalah pekerjaan yang tak kunjung di mulai.










Kuperuntukkan Skripsi ini untuk Ayahanda dan Ibunda tercinta yang senantiasa mencurahkan kasih sayangnya dan mendoakanku, kepada saudara-saudaraku, keluarga besarku, serta sahabat-sahabatku yang juga senantiasa memberikan dukungan baik moril maupun materi, serta semangat dan motivasi demi keberhasilanku.









KATA PENGANTAR


Alhamdulillah Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Meningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Materi Matriks Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar” ini sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Dari awal hingga akhir penyusunan ini, penulis tidak luput dari berbagai hambatan dan tantangan. Namun, semuanya itu dapat diatasi dengan baik berkat petunjuk oleh Allah SWT, yang disertai dengan kesabaran, ketekunan, dan kerja keras penulis.
Dari awal penulisan skripsi ini berbagai pihak memberikan bantuannya, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada:
1.         Dr. H. Abd. Rahman Rahim, SE., M.M Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar.
2.         Dr. A. Sukri Syamsuri, M. Hum. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
3.         Mukhlis, S.Pd., M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Matematika yang telah memberikan arahan dan dukungannya.
4.         Dr. Muhammad Darwis M, M.Pd. Pembimbing I dan Andi  Alim Syahri, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II yang telah meluangkan waktu membimbing dan memberi petunjuk kepada penulis dalam proses penulisan skripsi ini.
5.         Para dosen Jurusan Pendidikan Matematika pada khususnya dan seluruh Dosen serta staf akademik FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar pada umumnya yang telah banyak memberikan ilmunya sebagai bekal masa depan yang sangat berguna bagi penulis dan ilmu yang bermanfaat bagi penulis dalam penyusunan skripsi ini.
6.         Abdul Munir, S.Pd., M.Ag Kepala SMK Muhammadiyah 2 Bontoala  Makassar yang telah memberi izin dan memberi arahan kepada kami selama melakukan penelitian di sekolah.
7.         Saudara-saudaraku (kakak dan adikku) serta semua keluarga besarku yang telah memberikan segala macam fasilitas, kasih sayang, pengorbanan, kepercayaan dan dukungan, doa, serta nasehatnya. Terima kasih atas segala yang telah diberikan kepada penulis.
8.         Segenap rekan-rekan mahasiswa angkatan 2012 khususnya rekan-rekan jurusan Pendidikan Matematika kelas D yang juga telah banyak memberikan dukungan serta motivasi kepada penulis. 
9.         Semua pihak yang telah banyak membantu, yang penulis tidak dapat sebutkan satu persatu hingga terselesaikannya penulisan skripsi ini.
Dan teristimewa yang terkasih dan tersayang serta yang ter…ter.., Ayahanda dan Ibunda tercinta atas doa dan kasih sayangnya yang tiada henti-hentinya diberikan kepada penulis.
Kiranya Allah SWT, yang akan membalas semua kebaikan yang telah diberikan kepada kami.
Sebagai manusia biasa, disadari pula bahwa apa yang tertuang dalam skripsi ini belumlah sempurna, oleh karena itu dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan tanggapan, kritik, dan saran yang konstruktif dari berbagi pihak sehingga penulis dapat berkarya yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Harapan dan do’a penulis semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pembinaan dan pengembangan pengajaran matematika di sekolah.
Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa tetap melindungi dan memberkati kita semua, Amin.




Makassar,      September  2016


       Penulis






DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................      ii           
LEMBAR PENGESAHAN...............................................................................     iii
PERSETUJUAN PEMBIMBING.....................................................................     iv
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI............................................      v
SURAT PERJANJIAN......................................................................................     vi
ABSTRAK.........................................................................................................    vii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.....................................................................   viii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     ix
DAFTAR ISI......................................................................................................    xii
DAFTAR TABEL..............................................................................................   xiv
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    xv

BAB   I    PENDAHULUAN.............................................................................      1           
A.    Latar Belakang.............................................................................      1
B.     Perumusan Masalah......................................................................      4                       
C.     Tujuan Penelitian..........................................................................      5
D.    Manfaat Penelitian........................................................................      5
BAB  II   KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA PIKIR, DAN HIPOTESIS  TINDAKAN                       7
A.    Kajian Pustaka..............................................................................      7
1.      Pengertian Belajar...................................................................      7
2.      Kualitas Pembelajaran Matematika........................................      9           
a.       Hasil Belajar.....................................................................    10
b.      Aktivitas Siswa.................................................................    11
c.       Pelaksanaan Pembelajaran................................................    12
d.      Respons Siswa..................................................................    12
3.      Metode Pembelajaran Inquiri.................................................    14
4.      Materi Ajar.............................................................................    18
B.     Kerangka Pikir.............................................................................    26
C.      Hipotesis......................................................................................    27
BAB III   METODE PENELITIAN..................................................................    28
A.    Jenis Penelitian.............................................................................    28
B.     Lokasi, Waktu, dan Subjek Penelitian..........................................    28
C.     Fokus Penelitian...........................................................................    29
D.    Prosedur Penelitian.......................................................................    29
E.     Instrumen Penelitian.....................................................................    32
F.      Teknik Pengumpulan Data...........................................................    33
G.    Teknik Analisis Data....................................................................    33
H.    Indikator Keberhasilan.................................................................    37
BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN...............................    38
A.       Deskripsi Awal Penelitian...........................................................    38
B.       Hasil Penelitian............................................................................    39
1.      Deskripsi Pelaksanaan Siklus I..............................................    39
2.      Deskripsi Pelaksanaan Siklus II............................................    48
C.       Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................    58
1.      Hasil Pembahasan Tindakan Siklus I....................................    58
2.      Hasil Pembahasan Tindakan Siklus II...................................    60
BAB  V   PENUTUP..........................................................................................    63
A.    Simpulan.......................................................................................    63
B.     Saran.............................................................................................    64
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................    65
RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN



















DAFTAR TABEL   
Halaman
Tabel 3.1  Kriteria Kemampuan Guru dalam Mengelola Pembelajaran..............    34
Tabel 3.Teknik Kategorisasi Standar Berdasarkan Ketetapan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan ........................................................................................................ 35
Tabel 3.Kategorisasi Standar Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Kelas XI AP SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar ............................................................................    36
Tabel 4.1  Distribusi Frekuensi dan Persentasi Keterlaksanaan Pembelajaran
                 di Kelas Pada Siklus I........................................................................    42
Tabel 4.2 Aktifitas Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung pada  Siklus I              44
Tabel 4.3  Statistik Skor Hasil Tes Siswa Pada Siklus I.....................................    46
Tabel 4.4  Distribusi Frekuensi dan Persentase Skor Hasil Tes Siklus I.............    46
Tabel 4.5  Deskriptif Ketuntasan Belajar Siswa pada Siklus I...........................    47
Tabel 4.6  Distribusi Frekuensi dan Persentasi Keterlaksanaan Pembelajaran
                 di Kelas Pada Siklus II.......................................................................    50
Tabel 4.7 Aktifitas Siswa Selama Proses Pembelajaran Berlangsung pada  Siklus II                        51
Tabel 4.8  Statistik Skor Hasil Tes Siswa Pada Siklus II....................................    53
Tabel 4.9  Distribusi Frekuensi dan Persentase Skor Hasil Tes Siklus II............    54
Tabel 4.10 Deskriptif Ketuntasan Belajar Siswa pada Siklus II.........................    55
Tabel 4.11 Angket Respons Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran dengan Metode Pembelajaran Inkuiri       ................................................................................................. 56
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1. Bagan kerangka pikir......................................................................    27
Gambar 2.2. Bagan  Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis dan McTaggart                       32
                                                           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar